Ad Code

Hubungi Admin=>

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI CAKRAWALA BELAJAR

PEMANFAATAN BOTOL PLASTIK BEKAS DI LINGKUNGAN SEKITAR BAGI SISWA SDN GADINGKASRI KOTA MALANG

Cakrawala Belajar | Blitar, 3 Mei 2024

Proses kegiatan proyek kepemimpinan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2024 yang bertepatan di SD Negeri Gadingkasri. Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Aditiya Fajar Ichsani, Alifia Rahmayanti, Dera Karisma Ningsih, Elisabeth Sunarsi, Hefi Yuli Aida Nur Rofiqoh, Krisma Nova Aisya, Mita Suryaningrum, Nimas Rohmatur Romadhon, Septanti Putri Ayunani, Virda Aulia Putri Maharani, dan Peserta didik kelas IV dan V di SDN Negeri Gadingkasri Kota Malang. 


“Kegiatan ini kami buat untuk memenuhi tugas mata kuliah projek kepemimpinan dan mengajarkan kepada peserta didik untuk bisa memanfaatkan barang bekas terutama botol di rumahnya untuk menjadi sebuah karya yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari” kata Aditiya. 


Tujuan pelaksanaan pembuatan proyek berupa botol plastik bekas yaitu; sebagai alat pembelajaran untuk mengajarkan kepada peserta didik dalam memanfaatkan botol plastik bekas, sebagai kegiatan berkelanjutan kepada peserta didik dan guru dengan mengedukasi manfaat botol plastik bekas dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan dan juga menjadi pembelajaran bagi peserta didik untuk memanfaatkan limbah dari botol plastik bekas. Botol bekas yang sudah dikumpulkan oleh peserta didik kemudian dibuat menjadi beberapa barang yang bisa di manfaatkan seperti tempat sampah, kotak pensil, bunga dan vas, serta gantungan kunci. Pembuatan tempat sampah, kotak pensil, bunga dan vas memanfaatkan bagian badan botol dan di hias menggunakan cat akrilik sedangkan gantung kunci memanfaatkan tutup botol yang kemudian dihias menggunakan stiker berlogo UM dan berlogo kelompok Gadingkasri.


Pelaksanaan pembuatan proyek terlaksana dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran SD Negeri Gadingkasri. Keterlibatan anak dalam pembuatan, berdampak terhadap bakat dan minat anak saat pembelajaran. Kami selalu memotivasi anak untuk melakukannya dengan baik sehingga memperoleh karya terbaik. Selain itu, kami memberikan apresiasi terhadap kinerja anak yang terlibat. 


Sumber : Aditiya Fajar Ichsani
Editor : Surayanah 

Posting Komentar

0 Komentar