Ad Code

Hubungi Admin=>

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI CAKRAWALA BELAJAR

PPG Prajabatan Sebagai Awal Menuju Guru Professional

Cakrawala Belajar | Blitar, 3 Mei 2024

Penjemputan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I dan II PPG Prajabatan SDN Lesanpuro 1 Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2023/2024

Berdasarkan surat tugas Nomor 23.4.12/UN32.13/KP/2024, diharapkan melakukan koordinasi pelaksanaan dan Penjemputan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I dan II PPG Prajabatan SDN Lesanpuro 1 Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2023/2024 yang dilaksanakan pada Senin, 29 April 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dr. Intan Sari Rufiana, M.Pd.

Salam literasi 


Kegiatan penjemputan tersebut, dilakukan secara ceremonial dengan susunan acara, yaitu; pembukaan, sambutan Kepala SDN Lesanpuro 1, sambutan dosen penjemput, sambutan perwakilan mahasiswa PPL tahap II gelombang 1 tahun 2023, sambutan perwakilan mahasiswa PPL tahap 1 gelombang 1 tahun 2024, sambutan guru pamong, dan pemberian cenderamata serta penutup. Acara penjemputan dihadiri oleh Ibu kepala sekolah (ibu Citra Kurnia Riskyanti, S. Pd.), Dosen penjemput (Ibu Dr. Intan Sari Rufiana, M. Pd.), Ibu guru pamong (Ibu Tri Handayani, S. Pd.), Pak Sanusi, Ibu Rohmatul Asriyah, S. Pd. I., Ibu Evi Marcellina, S. Pd. I., Ibu Faizatu Rochmah, S. Pd., Ibu Wulan Nuzulul Isnaini, S. Pd. Selain itu, Mahasiswa PPL tahap II gelombang 1 tahun 2023, yaitu; Aula Rizqi Vinarahmah, S. Pd., Dea Mutiara Nur Fadilla, S. Pd., Dedy Nurqori, S. Pd., Herawati Novitasari, S. Pd., Ismatul Izza, S. Pd., Roshydatul Istiqomah, S. Pd. Sedangkan, Mahasiswi PPL tahap 1 gelombang 1 tahun 2024, yaitu; Audiza Assyifa Ramila, S. Pd., Elaesa Putri Indah C, S. Pd., I'anah El Fikriyah, S. Pd., Nur Cholida, S. Pd., dan Sri Rahyuni, S. Pd. 



Sebagai awal acara, pembukaan disampaikan oleh pemandu acara yaitu salah satu mahasiswa PPG Prajabatan SDN Lesanpuro 1 Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2023/2024, yaitu Sri Rahyuni, S.Pd. Selanjutnya, Sambutan kepala sekolah yang disampaikan oleh Ibu Kepala SDN Lesanpuro 1 yaitu Ibu Citra Kurnia Rizkyanti, S.Pd. Beliau mengucapkan terimakasih, terkhusus kepada Universitas Negeri Malang karena sudah dipercaya sebagai mitra (tempat PPL). Beliau juga meminta maaf karena jadwal pelaksanaan sedikit ada perubahan, di karenakan kemarin sore baru saja mendapatkan undangan untuk menghadiri rapat dinas. Beliau juga menekankan mengenai pentingnya bagi seorang guru untuk memiliki sifat profesionalisme, terbukti dari sikap yang beliau ambil yakni tetap mengikuti pelepasan mahasiswa PPL namun beliau juga menghadiri acara/undangan dari dinas. Beliau pun menekankan bahwa ini adalah awal dari perjalanan untuk menjadi guru professional.



Sambutan oleh dosen penjemput mahasiswa PPL merupakan sambutan kedua. Bu Intan menyampaikan ucapan terimakasih karena sudah diberikan tempat, waktu dan kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut andil belajar langsung di lapangan (sekolah dasar). Mengetahui apa-apa yang harus disiapakah seorang guru sebelum mengajar dan lain-lain. Beliau meminta maaf jikalau ada sikap atau perkataan mahasiswa yang kurang berkenan. Selanjutnya, sambutan perwakilan mahasiswa PPL tahap 1 gelombang 1 tahun 2024 yaitu saudara Elaesa Putri Indah C, S. Pd. Elaesa mengucapkan “terimakasih kepada kelapa sekolah, dosen pembimbing, guru pamong serta kakak tingkat yang senantiasa membantu dan membimbing kami selama 1 semester, sehingga berjalan dengan sukses dan baik dalam 1 semester ini, mohon maaf ketika kami selama 1 semester terdapat perbuatan atau perkataan yang kurang berkenan’. Disambungkan sambutan oleh perwakilan mahasiswa PPL tahap II gelombang 1 tahun 2023, yaitu Dedy Nurqori, S. Pd. Yang disampaikan oleh saudara Dedi, yaitu terimakasih atas ilmu yang di dapatkan selama 2 semester ini, dan meminta maaf atas kesalahan ucapan maupun berbuatan selama ppl di SDN Lesanpuro 1. 



Sambutan demi sambutan telah disampaikan, sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan guru pamong. Ibu Tri Handayani, S. Pd.) menyampaikan sambutan mengenai pelepasan untuk mahasiswa PPL II bahwa masih ada keluarga di SDN Lesanpuro 1. Kehadiran mahasiswa telah memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam proses pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Ilmu dan pengalaman yang telah diterima di PPL ini dapat dipraktikkan dan menjadi bekal dalam menjalankan tugas di sekolah lainnya. Diharapkan, Untuk mahasiswa PPL I agar tidak bosan untuk bertemu kembali di semester 2, tetap semangat untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di SDN Lesanpuro 1.


Sumber : Sri Rahyuni, S. Pd
Editor : Dr. Surayanah, M.Pd.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mendapat banyak ilmu berharga. Dan sangat bangga menjadi bagiannya. Semangat Lanjutkan!!!

    BalasHapus