Ad Code

Hubungi Admin=>

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI CAKRAWALA BELAJAR

Kuliah Kolaborasi Bersama Instruktur Guru Penggerak Sebagai Sarana Memperdalam Materi Pengajaran dan Asesmen Bagi Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023

CAKRAWALA BELAJAR | Malang, 8 Mei 2024

Kuliah kolaborasi merupakan salah satu kegiatan terstruktur yang ada di dalam proses perkuliahan mahasiswa PPG pada bidang studi PGSD. Kuliah kolaborasi dilakukan dengan tujuan untuk lebih memperdalam materi perkuliahan pengajaran dan asesmen II dan mengkoneksikannya dengan penerapan langsung di sekolah.  Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan bagi mahasiswa PPG Prajabatan agar mahasiswa tidak hanya kaya akan pengetahuan teori namun juga kaya akan pengetahuan dan pengalaman terapan di lapangan serta memperoleh pengetahuan mengenai isu-isu terbaru khususnya pada perkembangan pengajaran dan asesmen yang terjadi di lapangan (sekolah).

 Kegiatan kuliah kolaborasi yang dilaksanakan pada Senin, 6 Mei 2024  dilakukan secara daring melalui platform google meet. Kuliah kolaborasi ini dipandu secara langsung oleh Ibu Dr. Surayanah, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengajaran dan Asesmen II serta mengundang Instruktur yang merupakan Guru Penggerak, yaitu Ibu Merlia Anastasia, S.Pd. Kegiatan kuliah kolaborasi diikuti oleh 29 Mahasiswa PPG PGSD 07 Gelombang 1 Tahun 2023 sebagai peserta kuliah kolaborasi.

Kegiatan kuliah kolaborasi terbagi menjadi 2 sesi yang dimulai pada pukul 07.00-09.35 (Sesi 1) dan 09.35-12.10 (Sesi 2). Kegiatan terlaksana sesuai dengan susunan acara yang telah disepakati, mulai dari pembukaan yang dibuka oleh Ibu Dr. Surayanah, M.Pd selaku dosen pengampu. Kegiatan dilanjutkan untuk pemaparan materi yang disampaikan secara langsung oleh Ibu Merlia, S.Pd selaku Instruktur. Selain kegiatan kuliah kolaborasi juga memberikan wadah untuk melaksanakan diskusi serta kegiatan tanya jawab yang dipimpin oleh Ibu Dr. Surayanah, M. Pd.

Berbagai materi mengenai pengajaran dan asesmen diperdalam pada proses kuliah kolaborasi ini. Mahasiswa diberikan pendalaman mengenai jenis-jenis asesmen yang dilaksanakan di sekolah. Memperdalam pembelajaran menggunakan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dan menyusun pembelajaran dengan prinsip UbD (Understanding by Design). Selain itu mahasiswa juga diberikan gambaran mengenai pentingnya membuat rancangan pembelajaran yang efektif dan efisien. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk belajar membuat instruksi yang jelas pada asesmen, hal tersebut bertujuan agar asesmen yang disusun dapat dicerna dengan tepat oleh peserta didik dan menghindari adanya kesalahan persepsi oleh peserta didik.

Kuliah kolaborasi terlaksana sesuai jadwal yang telah disepakati. Kegiatan terlaksana secara interaktif dan menyenangkan karena mahasiswa dilibatkan secara langsung di dalam proses kuliah kolaborasi. Instruktur menyampaikan berbagai pengalamannya dalam menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen yang efektif dan efisien yang dapat menginspirasi mahasiswa untuk mau dan mampu mengembangkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memaparkan pengalamannya dalam proses penyusunan rancangan pembelajaran dan asesmen sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa akan hal tersebut. Ibu Merlia selaku instruktur juga menyampaikan bahwa “Modul ajar yang terbaik bukanlah yang berpuluh-puluh lembar namun modul yang terbaik adalah modul yang dapat diterapkan di dalam pembelajaran”.

Pesan penting yang inspiratif juga disampaikan oleh instruktur kepada mahasiswa sebagai calon guru profesional mengingat zaman akan terus berkembang sehingga pendidikan juga harus menyesuaikan dengan tuntutan yang sesuai dengan zaman. Instruktur menyampaikan bahwa kita sebagai guru hendaknya terus belajar dan mengarahkan mahasiswa untuk melakukan apa yang ingin dilakukan dengan versi terbaik yang dimiliki oleh mahasiswa.


Sumber penulis : Dewi Sasmi

Editor : Surayanah

Posting Komentar

0 Komentar